Header Ads

Pembaretan, Ribuan Banser Tegal Longmarch 38 Km

Pembaretan Banser Tegal (foto NU Jateng)
Islampers.com - Jateng
Peringatan Harlah Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke-84 disambut para kader Ansor dan Banser Kabupaten Tegal dengan melakukan kegiatan “pembaretan”. Kegiatan diwujudkan dengan aksi Longmarch / berjalan kaki secara berkelompok menempuh rute jarak 40 Km, Ahad (25/3).

Para peserta longmarch mengambil titik start dari Gedung NU Kabupaten Tegal di Slawi, Ahad  (25/3) pagi. Selanjutnya berjalan masuk desa satu ke desa yang lain melewati rute di Kecamatan Slawi, Adiwerna, Talang, Kramat dan finish di Mako Banser Kabupaten Tegal di Rest Area Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi.

Kasatkorcab Banser Tegal Mashadi Zaeni menjelaskan, kegiatan pembaretan ini diikuti sekitar 1.500 peserta. Mereka adalah para alumni Diklatsar yang telah diselenggarakan Banser di lingkup Satkorcab Kabupaten Tegal dari mulai tahun 2015-2018.

“Untuk sekarang pembaretan diselenggarakan terpisah dengan kegiatan Diklatsar. Sekaligus menjadi rangkaian peringatan Harlah Ansor ke-84,” terangnya

Menurut Zaeni, pembaretan ini merupakan tindaklanjut dari Diklatsar sebelumnya. Sekaligus mempersiapkan pasukan inti serta pasukan-pasukan militan yang siap menjawab tantangan dan situasi hari ini.

“Pembaretan ini bukan akhir, tetapi awal. Kita tidak boleh lengah sedikitpun. Intinya, Banser itu harus siap lahir batin berjuang demi agama dan bangsa,” ungkapnya.

Meski menempuh jarak yang cukup jauh, para peserta tetap menampakkan semangat mereka. Sembari berlari-lari kecil, di sepanjang jalan mereka menyanyikan beberapa lagu penyemangat, seperti Ya Lal Wathon, Mars Banser dan sebagainya.

Salah satu peserta dari PAC GP Ansor Jatinegara, Miftah Kherudin, mengungkapkan kesannya mengikuti kegiatan ini. “Ya, meskipun capek, tapi senang dan tetap semangat karena banyak temannya. Tadi juga ada peserta yang berusia 62 tahun, tapi juga tak kalah semangat,” ungkapnya

Hadir dalam kesempatan itu, Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Tegal KH Chambali Ustman, Ketua PCNU Kabupaten Tegal H Ahmad Wasyari,  PC GP Ansor Kabupaten Tegal Didi Permana, Satkorcab Banser, Pemuda Muhammad dan Kokam Kabupaten Tegal serta PAC GP Ansor se Kabupaten Tegal. [Islampers.com]

Source : NU Jateng
Advertisement

Tidak ada komentar

Silahakan berkomentar sesuai artikel