Header Ads

Rektor Syria Minta Bantuan MUI Untuk Meneliti Lembaga Donasi Untuk Suriah


Islampers.com - Jakarta
Rektor Universitas Negeri Syam, Syeikh Syarif Adnan al-Sawwaf  meminta bantuan MUI agar membendung kabar hoax tentang Suriah. Permintaan tersebut disampaikan Syeikh Syarif saat berkunjung ke  Majelis Ulama Indonesia Kamid Siang (9/3/2018).

Selain soal hoax, Syeikh Syarif juga meminta bantuan  MUI untuk meneliti lembaga donasi yang akan menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Suriah. “Donasi kepada lembaga yang tidak kredibel dan bereputasi baik hanya akan membahayakan rakyat Suriah”, ujarnya.

Syeikh Syarif al-Sawwaf mengapresiasi keberadaan MUI yang berperan menyatukan umat Islam Indonesia, di saat banyak muslim di negara lain yang terpecah belah dan mudah diadu domba. Dalam penuturannya, Syeikh al-Sawwaf bercerita bahwa di negaranya juga ada lembaga sejenis, bernama Ittihad Ulama Bilad al-Syam. Sayang, pembentukannya agak terlambat, karena sudah menjelang krisis.

Ketua Bidang hubungan internasional KH Muhyiddin dalam kesempatan itu juga mengundang Syeikh Syarif untuk hadir pada konferensi internasional tentang Islam moderat pada bulan Mei di Bogor, Jawa Barat . Menurut KH Muhyidin,  dalam konferensi tersebut Rektor Universitas Negeri Suriah  bisa mengungkapkan kondisi Suriah sebenarnya.  Mendengar tawaran tersebut, Syeikh Syarif balik mengundang MUI untuk datang ke Suriah. " Anda harus melihat Suriah langsung sebelum menyelenggarakan acara yang membahas soal Suriah" ujarnya

Pertemuan berlangsung selama satu jam, dan diakhiri dengan saling bertukar hadiah, Syeikh al-Sawwaf memberi Jubah Khas Suriah untuk KH Muhyiddin, dan KH Muhyiddin memberi cinderamata MUI kepada al-Sawwaf. Sebelum melepas al-Sawwaf, KH Muhyiddin menyatakan, “Kunjungan Anda ke Indonesia menunjukkan keseriusan untuk bekerjasama, dan kunjungan Anda kesini juga menunjukkan bahwa Suriah semakin membaik"tandasnya.

Sementara itu  Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami) akan menggelar Silaturrahmi Nasional ke-6 di Hotel AL Munawar Medan pada 9 hingga 11 maret 2018. Acara tersebut dihadiri alumni mahasiswa Suriah maupun yang masih belajar di sana. Selain juga hadir Dubes RI untuk Suriah.

Sekjen Alsyami M. Najih berharap kabar tak sedap maupun hoax  yang beredar soal krisis dan kondisi  suriah bisa terungkap dalam acara ini. Bahkan , Alsyami telah mengundang  dan ingin bertabayun dengan Ustad Somad yang mereka nilai  sebuah postingannya di media sosial tidak sesuai dengan kenyataan yang mereka ketahui dan alami selama menimba ilmu di Suriah. [Islampers.com]

Sumber : AntvNews
Advertisement

Tidak ada komentar

Silahakan berkomentar sesuai artikel