Header Ads

Tentara Suriah Isolasi Kota Terbesar di Ghouta Timur



Islampers.com - Damaskus
Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA), Sabtu (10/3/2018), berhasil mengisolasi Douma, kota terbesar di kawasan Ghouta Timur, dari wilayah-wilayah lain yang masih dikuasai militan di kawasan ini.

SOHR menjelaskan bahwa pasukan pemerintah Suriah itu memecah Ghouta Timur menjadi tiga bagian, yaitu Douma dan sekitarnya, Harasta di barat, dan sisanya di kota-kota di selatan, serta memutus jalan raya utama yang menghubungkan bagian utara Ghouta dengan bagian selatannya sehingga mengisolasi Douma.

Sementara itu, Pusat Media Militer Suriah yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa SAA berhasil merebut kilang gas Kilani di jalan raya utama yang menghubungkan Douma dengan Harasta dan dua daerah tersebut dengan wilayah Ghouta Timur lainnya, dan selanjutnya memperketat kepungan terhadap kelompok-kelompok teroris .

Kelompok militan yang aktif di sana, terutama kelompok takfiri Jaish al-Islam dan Jabhat Fateh al-Sham alias Jabhat  al-Nusra, masih berusaha mencegah warga sipil meninggalkan Ghouta Timur dengan melanjutkan serangan ke  jalur aman al-Wafideen dan Jisreen.

Kelompok Failaq al-Rahman dalam pernyatan resminya mengakui bahwa pemimpin pasukannya yang memiliki julukan Abu Ali Diya al-Shaghuri tewas dalam pertempuran di Ghouta Timur.

SAA dan sekutunya terus bergerak maju dari sejumlah arah, dan sejauh ini telah membebaskan lebih dari 55% kawasan yang menjadi kantung terakhir kawanan pemberontak dan teroris di Ghouta. [Islampers.com]

Liputan
Advertisement

Tidak ada komentar

Silahakan berkomentar sesuai artikel