Ust Abdul Shomad tak Penuhi Undangan Al-Syami, Apa Alasannya?

Undangan Untuk Ust Abdul Shomad

Islampers.com - Medan
Setelah viral video Ust Abdul Shomad melaknat Presiden Sah Suriah Bassar Al-Assad, muncul beragam reaksi dari netizen, ada yang mengecam dan ada yang mementahkan argumen Ust Abdul Shomad dengan membeberkan fakta yang sebenarnya Baca : Fakta Suriah , viralnya video Ust Abdul Shomad tersebut membuat pihak Al-Syami (Ikatan Alumni Syam Indonesia) merasa perlu untuk mengundang UAS guna melakukan tabayyun, dalam rangka acara Silatnas Al-Syami ke 6 di Medan 9-11 Maret 2018.

Namun menurut info yang Islampers dapatkan, ternyata UAS tidak hadir dan tidak memenuhi undangan tersebut, entah apa alasannya sampai berita ini diturunkan belum ada klarifikasi dari UAS alasan tidak hadir. Padahal kehadirannya sangat dibutuhkan guna menjawab kontroversial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya undangan untuk Ust Abdul Shomad sudah dilayangkan oleh Al-Syami, sebagaimana kami kutip dari Muslimoderat.com

Ikatan Alumni Syam Indonesia (AlSyami), secara resmi, telah mengirimkan surat kepada saudara Abdul Somad (UAS) untuk tabayun kepada para alumni Suriah, atas pernyataannya terkait konflik Suriah, di Medan, pada 9-11 Maret 2018.

Dalam akun Facebooknya Ustadz yang sedang ngetrend ini membuat statement yang dianggap tak berdasar dan tak mempunyai data detail, karena menganggap Pemerintah Suriah adalah Syiah, konflik yang terjadi disana adalah konflik Sektarian (Sunni-Syiah), hingga Ustadz Abdul Somad dalam video yang tersebar melaknat-laknat Pemerintah Surian yaitu Bashar Assad.

Semoga ada titik terang untuk saling Silaturrahmi dengan Ustad Abdu Shomad. Undangan dari Sekjen Ikatan Alumni Syam Indonesia (AlSyami) telah disampaikan secara resmi oleh Gus Najih Ramadhan dalam rangka kumpul rutin alumni Suriah yang ke-6 di Meda, Sumatera Utara.

Para eks Pelajar dan mahasiswa Suriah asal Indonesia yang tergabung dalam ikatan Alumni Syam Indonesia (AlSyami) akan menyelenggarakan Silaturrahim Nasional ke-6 dan Halaqah Ulama Suriah di Kota Medan, Sumatera Utara pada tanggal 9-11 Maret 2018. Beberapa ulama Suriah akan menghadiri rangkaian Silatnas dan Halaqah Ulama Suriah yang digelar AlSyami.

Sekjen AlSyami, M. Najih Arromadloni mengatakan, Silatnas ini digelar setiap dua tahun, dan tahun ini adalah yang keenam, setelah Silatnas yang digelar di Yogya tahun 2016 yang lalu. Sedangkan Halaqah Ulama Suriah adalah rangkaian acara yang secara rutin diselenggarakan bersamaan dengan Silatnas.

“Silatnas AlSyami dan Halaqah Ulama Suriah adalah silaturrahmi mereka yang akan membahas moderasi Islam, dalam rangka turut berkontribusi dalam menciptakan harmoni peradaban dan perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah,” kata Najih (07/03).

Sementara itu menurut keterangan ketua Panitia Silatnas dan Halaqah Ulama Suriah, Dr. KH. Akhyar Nasution, acara ini juga akan menjadi forum tukar pengalaman antara pemerintah dan tokoh agama Indonesia dengan ulama Suriah, khususnya terkait penyelesaian dan rekonsiliasi sosial-keagamaan pasca krisis yang melanda Suriah selama delapan tahun, serta terorisme dan geopolitik Timur Tengah.

Rencananya, yang akan hadir dari Suriah diantaranya adalah, Syeikh Prof. Dr. Syarif Adnan al-Sawwaf, rektor Universitas Negeri Syam sekaligus pejabat Kementerian Wakaf Suriah dan Syeikh Mahir Munjid, serta Mohamed Barnieh. Sementara dari Indonesia, akan hadir perwakilan Kementrerian Agama, BNPT, dan Mabes Polri, serta ormas keagamaan seperti MUI, NU, dan Muhammadiyah. Mereka akan bergantian menyampaikan kondisi umat dalam kapasitas masing-masing.

Dr. Akhyar Nasution juga menginformasikan, Gubernur Sumatera Utara akan membuka Silatnas ke-6. para pejabat negara dan tokoh masyarakat juga telah diundang. “InsyaAllah Menteri Agama juga akan hadir untuk membagikan pengalamannya mengelola kerukunan umat beragama di Indonesia,” ujaranya. [Islampers.com/Muslimoderat]
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel