Jokowi Janji Bangun 1.000 Balai Pelatihan Keterampilan Pesantren

Presiden Jokowi hadiri acara Puncak Hari Santri Nasional 2018 di Bandung
Islampers.com - Bandung
Pemerintah pusat memastikan keberpihakannya pada pesantren dengan melakukan pengembangan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini sudah ada beberapa program pemerintah yang berjalan di pesantren, seperti bank wakaf mikro dan balai pelatihan keterampilan.

Saat ini, kata dia, sudah ada 33 bank wakaf mikro. Sementara balai pelatihan keterampilan baru ada beberapa yang menjadi percontohan.

"Balai pelatihan keterampilan terserah mau diisi apa saja, komputerisasi, desain, garmen atau ketarampilan lain. Insya Allah tahun depan ditingkatkan jadi seribu lebih sehingga SDM meningkat," ujar Jokowi saat memberi sambutan punca Hari Santri Nasional di Kota Bandung, Minggu (21/10/2018). Acara ini dihadiri ribuan santri dari berbagai daerah di Jabar.

Jokowi mengatakan pihaknya akan mengevaluasi dua hal tersebut apakah dinilai berguna atau tidak. "Kalau berguna kita perluas untuk meningkatkan SDM," katanya.

Menurut Jokowi hal tersebut sangat penting untuk menyiapkan persaingan antar negara yang semakin ketat. Sehingga dibutuhkan SDM yang tidak hanya memiliki kemampuan tapi akhlak yang baik.

"Kita harapkan dua-duanya (kemampuan dan akhlak) beriringan sehingga kompetisi bisa dihadapi,"tandasnya. [Islampers.com]

Sumber : Detik.com
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel