LPBI NU Jateng Kirim Relawan Tangani Bencana Tsunami Selat Sunda

Relawan NU Jateng siap membantu penanganan bencana tsunami Selat Sunda di Banten. (Foto: istimewa)

Islampers.com - Jateng
Pengurus Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah mengirimkan relawan untuk turut serta dalam penanganan bencana tsunami Selat Sunda. Untuk tahap awal telah diberangkat delapan relawan.

Ketua PW LPBI NU Jateng Winarti mengatakan, sedianya relawan yang siap berangkat mencapai 30 orang lebih. “Namun dengan berbagai pertimbangan, kita jadwalkan pengiriman secara bertahap,” ujarnya, Selasa (25/12/2018).

Winarti menerangkan, para relawan yang dikirim memiliki berbagai keahlian seperti, evakuasi, pemilihan logistik, maupun distribusi logistik. “Beberapa juga sudah pernah bertugas saat bencana gempa bumi di NTB, maupun Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu,” katanya.

Relawan tersebut, kata Winarti, berasal dari berbagai daerah di Jateng antara lain Brebes, Boyolali, Kudus, dan Pekalongan. “Beberapa daerah juga sudah siap. Namun karena bertahap, nantinya menunggu jadwal yang kita tetapkan. Beberapa pengurus NU daerah juga telah membuka Posko NU Peduli Bencana untuk kasus tsunami ini,” katanya.

Winarti menjelaskan, tim relawan dari Jateng akan bergabung dengan Pos Induk PBNU yang juga membuka posko bencana tsunami ini. “Kita berharap, relawan-relawan yang kita kirimkan ini bisa saling membantu, dan memberi manfaat positif dalam penanganan bencana tsunami tersebut,” tandasnya.

Meski mengirimkan relawan untuk bencana tsunami, LPBI NU Jateng juga masih menyiapkan personil untuk kembali bertugas di Lombok. “Hanya saja untuk yang Lombok, yang akan kita kirim kan adalah relawan dengan skill tukang bangunan, kayu, dan tukang las,” bebernya.

Inews.id
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel