GP Ansor Malang Laporkan Ustaz Sa'dullah Penghina NU

Foto Istimewa

Islampers.com - Malang
Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang bersama Banser dan jajaran Nahdlatul Ulama (NU) setempat melaporkan seorang ustaz asal Pasuruan, Sa'adullah Basuni, ke Polres Malang, Sabtu 5 Januari 2019.

Dia diduga menghina calon wakil presiden RI nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin. "Kejadiannya September 2018, di Desa Kidal, Tumpang, Malang. Dia kami anggap melakukan ujaran kebencian dia menghina NU, menghina Banser dan menghina Kiai Haji Ma'ruf Amin," kata Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim.

Dalam laporannya, Husnul menyertakan video berdurasi dua menit lebih ke Polres Malang. Menurutnya, video itu sebagai bukti ujaran kebencian yang dilakukan Sa'adullah saat melakukan ceramah

"Dia menghina Kiai Ma'ruf sebagai PKI dan sebagainya. Dia juga menyudutkan ras dan agama tertentu. Untuk itu dalam laporan kita lampirkan video ceramah sebagai barang bukti," ujar Husnul

Menurut dia, selain menyertakan potongan video ceramah, GP Ansor telah menyiapkan saksi anggota Banser yang saat itu berada di lokasi. Dia menyebut, video ceramah dugaan ujaran kebencian telah viral di media sosial.

"Kami sudah berkoordinasi dengan GP Ansor Pasuruan. Karena lokasi di Malang kami laporkan ke Polres Malang. Harapannya, sebagai ustaz yang bersangkutan mengedepankan ilmu dalam ceramah. Tidak mencederai yang lainnya. Indonesia adalah negara hukum. Maka proses hukum harus berjalan," kata Husnul.


Viva.co.id
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel