GP Ansor Jakarta Barat, adakan Sahur Bersama Pengungsi Afghanistan

GP Ansor Jakarta Barat

Islampers.com - Jakarta
Konflik yang tidak berkesudahan di Afghanistan menyebabkan ribuan warganya mengungsi ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Di Indonesia, sejumlah pengungsi Afghanistan dan negara lain seperti Sudan dan Somalia berkemah di depan rumah detensi imigrasi Kalideres, Jakarta Barat.

Untuk meringankan penderitaan mereka, PAC GP Ansor Kalideres membagikan makanan sahur kepada para pengungsi tersebut pada Sabtu, 18 Mei 2019.

"Inilah bentuk solidaritas kami sesama umat Islam yang sedang menderita, apalagi ini di bulan Ramadan," urai Ketua PAC GP Ansor Kalideres, Sofyan.

Para pengungsi Afghanistan, Sudan, dan Somalia yang mendirikan tenda darurat di Kalideres tengah menunggu proses pemindahan ke negara ketiga yang bersedia menerima mereka.

"Sebagian dari pengungsi tersebut ingin ke Australia, Amerika Serikat, dan Kanada dan sebagian berharap bisa menetap dan jadi warga negara Indonesia," papar Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat, Alfanny, yang turut hadir pada kesempatan tersebut.

Alfanny berharap pemerintah Indonesia dapat memberikan tempat penampungan sementara yang layak bagi para pengungsi tersebut, dikarenakan tenda yang dijadikan tempat berteduh bersifat darurat dan kurang manusiawi.

Menurut Alfanny, fenomena para pengungsi yang hijrah dari negaranya karena konflik dan perang tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan perdamaian.

"Perdamaian sangat mahal harganya, kita harus menjaga persatuan dan perdamaian di Indonesia. Jangan sampai perbedaan apa pun memecah belah bangsa Indonesia, apalagi cuma sekedar perbedaan pilihan dalam pemilu," tandas Alfanny. [Islampers.com]
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel