Teater Bolu: Wasilah Dakwah Pelajar NU Melalui Teater


Islampers.com - Kudus. Sebagai rangkaian dari proses Masa kesetiaan anggota (Makesta), IPNU dan IPPNU Ranting Gulang, Mejobo mengadakan pentas teater berjudul "Peraduan" pada Sabtu Malam (29/6/2019) di halaman MI NU Nurul Huda, Gulang.

Sekitar 55 peserta Makesta menyaksikan pementasan teater dengan antusias. Pentas ini ditampilkan oleh kelompok Teater Bolu yang dibentuk oleh anggota IPNU dan IPPNU Gulang sendiri dan disutradarai oleh GAGJ. Pementasan ini adalah lanjutan dari pementasan sebelumnya dengan judul "Sandaran" pada Makesta tahun 2017.

Pentas ini bercerita tentang seorang anak bernama Salam yang ditinggal mati oleh keluarganya semenjak usia 2 tahun. Kemudian ketika beranjak dewasa, ia mengembara untuk mencari hakikat kehidupan yang sebenarnya. Dibarengi pula oleh pembacaan puisi membuat pementasan ini menguras emosi penontonnya.

ASAL MULA BERDIRINYA TEATER BOLU

Menurut ketua IPPNU Gulang, Naulin Ni'mah teater ini sebenarnya sudah berdiri sejak masa khidmah 2012 - 2014. Kemudian baru diberi nama Teater Bolu ketika memasuki masa khidmah 2014 - 2016. Tepatnya ketika Makesta tahun 2015. Dengan berdirinya Teater Bolu ini diharapkan bisa menjadikan kader Pelajar NU tidak hanya memiliki pengetahuan intelektual tentang ke Aswaja an. Tetapi juga bisa menyampaikan pengetahuan tersebut dengan berkarya. "Tujuan dari teater tersebut sendiri adalah berdakwah melalui seni peran. Seperti jargonnya 'Dengan seni peran, dakwah lebih berkesan.'" ujar nya. (MAZ)
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel