Kitab Kuning Adalah Ciri Khas Pondok Pesantren

Sumber:islam.com


Islampers.com - Surabaya
Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, buku-buku sebagai media pembelajaran mulai ditinggalkan. Namun tidak untuk pembelajaran di pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan tempat belajar agama yang sangat erat dengan kitab kuning. Selain itu, belajar dengan kitab kuning sudah menjadi pelajaran utama dan kewajibkan para santri untuk mempelajarinya.

Pondok pesantren mempertahankan karakter pembelajaranya dengan kitab kuning, karena dengan belajar kitab kuning santri dapat belajar lebih luas dan memahami Bahasa arab dengan detail. Eksistensi kitab kuning ini selaras dengan apa disampaikan kepala Pendidikan ponpes (pekapontren) kemenag sumbar, SyahrulWirda “ pada dasarnya segala sumber ilmu agama selain di AlQuran dan Sunah Nabi Muhammad SAW banyak terdapat di kitab kuning tersebut” .

Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi semakin modern dan sebagian pesantren mengurangi pembelajaran kitab kuning demi mengejar ketertinggalan dalam dunia teknologi. Namun, hal ini tidak bisa dibiarkan karena kitab kuning merupakan ciri khas pondok pesantren dan harus dilestarikan.

Sistem pendidikan yang beragam menuntut pondok pesantren harus seimbang dalam memberikan pembelajaran kepada santri. Hal tersebut harus dilakukan, agar lulusan pondok pesantren dapat menjadi ulama atau pemimpin umat yang cerdas dalam menyikapi perkembangan teknologi.


Penulis: M.Diyan Saifudin
Sumber: Republika.co.id

Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel