Kyai Said Deklarasikan Gerakan Nasional Ayo Mengaji Kitab Kuning


Islampers.com - Jakarta

Bp.prof.Dr. KH. Aqil Sirodj

Silaturahmi Nasional Bu Nyai Nusantara diakhiri dengan deklarasi Gerakan Nasional Ayo Mengaji Kitab sekaligus Perempuan Penjaga NKRI. Dua hal ini dipandang sangat penting, mengingat bahwa persoalan agama dan kebangsaan tidak bisa dipisahkan.

Pentingnya mengaji dengan merujuk kitab yang valid dan diajarkan oleh mereka yang bersanad sampai ke Rasulullah SAW adalah hal mendasar dalam tradisi pesantren. Orang mengaji tidak bisa asal sembarangan mengambil rujukan. Fenomena di masyarakat akhir-akhir ini menunjukkan hal sebaliknya. Masyarakat hanya mengaji mengandalkan rujukan di>> sumber lainnya.

Diskusi


Keprihatinan para Bu Nyai merespon hal tersebut dengan mengajak masyarakat mengaji kepada kitab yang sudah dikenal dan dipakai di pesantren. Salah satu hasil keputusan Focus Grup Discussion di forum silatnas tersebut menyepakati bahwa Bu Nyai dan Ning pesantren harus terjun, mengajarkan isi kitab pesantren kepada masyarakat melalui media sosial yang sudah dikenal.

Melalui gerakan Ayo Mengaji Kitab, diharapkan para Bu Nyai dan Ning turut serta menjaga NKRI dari pengaruh ajaran agama Islam yang diajarkan oleh pihak tertentu dengan mengabaikan eksiatensi NKRI, bahkan cenderung membuat kekacauan.


Sumber :
www.rminujatim.com
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel