Hari Santri, NU Malaysia Gelar Festival Shalawat dan Hadrah


Islampers.com - Malaysia
Dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang, GP Ansor Malaysia dan PCI Fatayat NU Malaysia akan mengadakan serangkaian acara, di antaranya  Festival Salawat dan Hadrah. Festival diagendakan dilaksankan pada Sabtu, 19 Oktober 2019 di Dewan Hotel Adamsom.

Acara ini menarik perhatian berbagai pihak, salah satunya pihak Islamic Tunes. Peserta terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai sekaligus berkesempatan untuk membuat rekaman dengan Islamic Tunes. Islamic Tunes adalah sebuah platform digital dengan konten keislaman.

"Masa saya tengok (lihat) poster ini, saya terus hubungi Shafie, ketua panitia. Saya sangat tertarik untuk dapat berkolaborasi dengan kalian, kerana saya fikir kita dapat memperluas pergerakan kita," ujar Roslan sebagai pengurus Islamic Tunes di Malaysia dengat logat khas Melayu-nya.

"Meskipun di Malaysia, warga Indonesia tetap dapat merasakan kemeriahan sambutan Hari Santri," ujar Nuralamin, Ketua Ansor Malaysia.

Dirinya berharap acara ini dapat menjadi rumah warga Indonesia yang ada di Malaysia untuk menunjukkan bakat-bakat mereka sambal memeriahkan sambutan Hari Santi di Malaysia.

Persyaratan untuk lomba ini adalah grup membawa peralatan sendiri,
membawakan satu lagu wajib dan satu lagu bebas, dan durasi penampilan per grup maksimal 15 menit. Adapun lagu wajib adalah Shalawat Annahdliyah dan Yalal Wathan. Grup pemenang akan mendapatkan uang tunai 700 RM untuk juara; 500 RM untuk juara 2; dan 300 RM untuk juara 3.

Panitia membuka peserta grup-grup shalawat, komunitas Nahdhiyin, dan grup warga Malaysia.​​​​​​​ Hingga Selasa (1/10) hari ini,  sudah ada sepuluh grup shalawat dan hadrah yang sudah mendaftar. Hal ini  menunjukkan antusias peserta terhadap acara ini.

Grup-grup yang sudah mendaftar adalah Pashopati, Aschol (Malaysia), Muslimat NU Malaysia, Putra Ustadz Rizal (Malaysia), Ikaba, Peradaban, Pondok Al Hijroh (Malaysia), Iqoma Hubbul Musthofa (Malaysia), Alhuda Group Perdamas, Jam'iyah Kiflaini (Malaysia).

Bagi grup yang berminat mendaftar festival ini, dapat menghubungi Shafie di nomor 0143250032 atau Erna 01139860104.

Selain lomba shalawat dan hadrah, rangkaian sambutan Hari Santri juga akan diisi dengan ceramah keagamaan. Acara akan dihadiri oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, ormas-ormas di Malaysia, para pelajar, pekerja, dan warga Indonesia yang ada di Malaysia.

Sumber NU Online
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel