Ratusan Kader Ansor Malaysia Digembleng Diklat Terpadu Dasar

139 Anggota Ansor

Islampers.com - Kuala lumpur
Selama tiga hari dari Kamis hingga Ahad (26-29/12) bertempat di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Malaysia mengadakan Diklat Terpadu Dasar (DTD).   Hal tersebut sebagai salah satu jenjang pendidikan yang ada di Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Pelatihan sebagai gabungan dari Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar).

Sejumlah 139 Peserta yang berasal dari Kelang, Pahang, Sabah, Perak, Kuala Lumpur dan kota lain mengikuti DTD dengan penuh semangat sampai acara baiat pada Ahad dini hari.   Adapun materi yang disampaikan adalah tentang Aswaja, Nahdhatul'Ulama, keindonesiaan, kemalaysiaan, manajemen organisasi, kepemimpinan, akhlaq etika dan budaya, team work dan lain-lain.

Nur Alamin selaku Ketua PC GP Ansor Malaysia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program kerja organisasi PC GP Ansor yang masuk dalam visi misi organisasi.  .

“Juga untuk menumbuhkan semangat Islam yang rahmatan lil alamiin dalam bingkai Ahlussunnah wal Jama'ah,” katanya, Selasa (31/12).

Dalam pandangannya, Malaysia dan Indonesia memiliki kultur yang sama di ASEAN. Hal tersebut dibuktikan bahwa di Malaysia ada tokoh ulama panutan Syech Fahim sedangkan di Indonesia ada Hadratus Syech KHM Hasyim Asy'ari.

“Kedua ulama tersebut memiliki sudut pandang yang sama dalam akidah Ahlussunnah wal Jama'ah, sehingga dari kultur dan keberagaman yang ada di kedua negara diharapkan timbul semangat dan tujuan yang sama pula untuk perdamaian dengan tetap saling menghormati dan menghargai," jelasnya.

Sedangkan menurtut Musyafa' yang bertindak selaku instruktur dari Pimpinan Pusat GP Ansor bahwa semangat peserta yang terdiri dari berbagai kalangan dan profesi begitu luar biasa. Mereka tidak lelah untuk mengikuti materi yang diberikan.

"Ada ghirah dari 139 peserta yang luar biasa dari awal sampai akhir kegiatan yang membuat jadwal acara berjalan sesuai rencana tanpa ada hambatan yang berarti,” katanya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Ansor dan Banser di Malaysia juga ingin berbakti dan mengabdi di organisasi serta menciptakan iklim yang sejuk.

“Mereka memiliki komitmen yang sama untuk bersahabat di Malaysia sehingga bisa berbaur dengan masyarakat setempat secara aman serta nyaman,” jelasnya.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang Banser Malaysia, Muhammad Lazim menambahkan bahwa seluruh peserta ingin bisa berperan juga di Malaysia dengan memberikan manfaat kepada umat dan masyarakat di semua lapisan.

“Termasuk membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan juga untuk warga Malaysia dengan Islam yang ramah, Islam yang moderat saling tolong menolong dalam kebaikan,” tegasnya.

Sumber ; Nu.or.id
Advertisement

No comments

Silahakan berkomentar sesuai artikel