Banser NU Satkoryon Wanareja Cilacap Ikuti Kegiatan Syuroan

  • Whatsapp
Islampers Featured
Islampers Featured

Islampers.com – Cilacap

Bacaan Lainnya

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Wanareja mengikuti kegiatan syuro’an di Dusun Cigintung, Adimulya, Kecamatan Wanareja, Cilacap pada Jum’at, 11 September 2020.

Kegiatan yang dimulai ba’da salat Jum’at itu disambut entusias dari masyarakat, terbukti dari banyaknya masyarakat yang hadir.

Namun kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan, dimana masyarakat yang hadir disemprotkan cairan disinfektan.

Lantunan Sholawat, Puji-pujian kepada junjungan, Nabi Muhammad SAW, juga menggema pada acara tersebut, Bacaan-bacaan tahlil (dzikr) juga turut dibacakan diakhiri do’a memohon keselamatan, keberkahan kepada Allah SWT.

Saat dijumpai, Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Nahdlatul Ulama (NU), Kamirin mengatakan, Kehadiran banser dalam acara apapun jika dibutuhkan akan bersedia untuk hadir.

“Seperti acara syuroan di Dusun Cigintung ini, kami dari satkoryon banser Wanareja juga turut serta hadir, dan membantu selama jalannya acara tersebut.
” Kata Kamirin, sore sekira pukul 03.00 WIB.

Sementara itu, warga setempat ketika dimintai pertanyaan terkait kegiatan syuroan yang juga dibarengi acara peresmian jalan, dia mengatakan cukup senang.

Adapun dari keterangan warga, kegiatan itu dihidupkan kembali oleh tetua adat setempat yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Kiai Daldiri.

Kiai Daldiri pun cukup senang ketika dijumpai Islampers.com, ia mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

“Ini cara kami mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta dengan tetap mewarisi budaya leluhur, seperti pembagian nasi dengan bungkusnya adalah anyaman bambu, dan santannya adalah bumbung.
” Ucapnya.

Salah satu anggota banser, Rizky juga turut membagikan sedikit kisah tentang hal tersebut. Bahwa modernisasi di wilayah tersebut tetap saja boleh masuk, namun budaya atau tradisi tetap ada.

Pos terkait