Hamas Siap Genjatan Senjata Karena Telah Capai Tujuan Politiknya

  • Whatsapp
Kelompok Bersenjata Pejuang Hamas
Kelompok Bersenjata Pejuang Hamas

Islampers.com – Palestina Lewat Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhael Bogdanov, kelompok Hamas mengutarakan kesiapannya gencatan senjata dengan Israel.

Dikutip Islampers.com dari Tribunnews.com menyebutkan Wakil Kepala Politik Hamas, Moussa Abu Marzouk, dalam teleponnya ke Bogdanov, mengatakan organisasinya bersedia menghentikan tindakan militer apa pun terhadap Israel atas dasar timbal balik.

Bacaan Lainnya

Komunitas internasional juga harus memberikan tekanan yang diperlukan di pihak Israel untuk menekan tindakan militer di negara itu dan kompleks Masjid Al-Aqsa.

Analis Senior Haviv Rettig Gur, lewat kolomnya di media Time of Israel, Minggu (16/5/2021) menilai kesiapan Hamas melakukan gencatan senjata bukan karena takut.

“Sebaliknya, (mereka) telah mencapai tujuan strategis utamanya dari pertempuran, untuk mengesampingkan Fatah dan menjadi kekuatan utama gerakan nasional Palestina,” tulis Gur.

Menurut Gur, sementara semua mata tertuju pada Gaza, Gaza hanyalah setengah dari cerita konflik. Kelompok itu melepaskan tembakan roket besar pertamanya pada Senin (10/5/2021).

Harapan mereka, akan terjadi pertukaran (tempur) yang cepat dan menentukan. Tapi juga akan menyeret Gaza yang terkepung ke dalam perang (seperti) Hizbullah (Lebanon) berikutnya.

“Jadi, dalam panggilan telepon Rabu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov, Wakil Kepala Politik Hamas Moussa Abu Marzouk tampaknya cukup eksplisit,” tulis Gur, Minggu (.

Sehari sebelumnya, pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, menyatakan kemenangan dalam pertempuran terbaru mereka.

“Kami telah meraih kemenangan dalam pertempuran untuk Yerusalem, pertahanan Yerusalem,” kata Haniyeh.

Pos terkait